Senin, 09 Mei 2011

Server XL Error?

Saya hanya mau bercerita sedikit mengenai kekecewaan saya menggunakan kartu prabayar XL. Semoga tidak ada kasus seperti Prita lagi hehe.. Apa yg saya ceritakan disini fakta kok, bahkan sudah ditangani oleh pihak yg bersangkutan :)

Jadi, beberapa hari yg lalu (tepatnya hari Rabu), saya berlangganan paket Blackberry Gaul seharga 50.000 rupiah dari XL. Paket ini termasuk chatting dan menggunakan layanan Social Networking seperti Facebook selama sebulan penuh. Seharusnya sih saya bisa chatting dan FBan sepuasnya di BB selama sebulan, kalau saja layanan internet saya lancar. Sayangnya, pada hari yg sama, sorenya tiba2 layanan internet saya sama sekali tidak bisa dipakai. Mau chattting, FBan, Twitting juga ga bisa.. Intinya sih, kok internet di BB saya seperti dinonaktifkan secara sepihak. Akhirnya malamnya saya telepon ke Costumer Service XL di 817. Sudah berkali2 mencoba dan sabar menunggu, linenya sibuk terus. Akhirnya saya telepon lewat PSTN ke nomor PSTN XL, karena sudah hampir hilang kesabaran :( Nah, lewat PSTN lebih mudah, dalam kurang dari 5 menit saya sudah bisa tersambung ke operator. Saat saya bicara dengan CS, solusinya adalah dia udah merefresh connection layanan saya dan saya diminta ping server (option, advance option, host routing table, register now) dan cabut baterai untuk beberapa saat. Sebenernya sih kalo ping server saya juga udah tau, kayanya hampir semua orang yg pake BB juga udah tau deh haha.. Kata CS sedang ada gangguan pada server, okelah saya pikir besok pagi juga udah bisa.

Nah, hari Kamis paginya tanpa disangka2.. Eh, internet BB saya masih non aktif! Saya telepon lagi CS begitu sampai di kantor. Untunglah kali ini lebih mudah dihubungi lewat 817. Lantas CS lagi2 meminta maaf karena dari kemarin siang memang sedang ada gangguan pada server XL. Hhhh.. Bener2 menghambat komunikasi ini, secara saya juga terhitung orang yg udah ketergantungan BB. Masa udah bayar 50.000 tapi masih harus telepon dan SMS? Yahhh rugi dong udah bayar mahal2? Karena batas kesabaran saya udah hampir abis, saya iseng2 masukin masalah ini lewat surat pembaca Kompas.com. Selengkapnya bisa dilihat disini. Ternyata surat pembaca saya kebetulan dipasang :D Sampai saya menulis surat pun, internet BB saya masih down. Sorenya terpaksa saya datang ke XL Center. CS di XL Center bilang, kalau ping server harus dilakukan berkali2 hingga 10-15 kali untuk memancing koneksi BBM, setelah itu matikan BB 2-3 menit. Nah saya coba berkali2 cara seperti itu. Setelah agak lama saya berkutat, akhirnya CS bilang nanti 1 jam lagi pasti koneksinya sudah normal. Saya juga pikir, ya udahlah mau diapain lg haha. Akhirnya, sekitar 2 jam kemudian, BBM saya kembali. Fiuhh...

Besoknya lagi, di hari Jumat, saya baru sadar kalau aplikasi chatting saya memang sudah normal. Tapi, ternyata FB dan Twitter masih belum bisa dipake. Saya udah pasrah kali ini, yaudahlah karena yg penting itu bisa untuk chatting dulu, kalau social networking ga ada juga ga apa2 walaupun kita rugi udah bayar paket. Lalu, siangnya ternyata saya yg ditelepon CS XL yg bertanya apakah koneksi saya udah lancar atau belum. Wah, eksklusif banget nih krn udah masukin ke surat pembaca haha.. Saya sih berterima kasih karena XL bisa cepat tanggap (Thanks buat Mba Iin), saya sampai udah ditelepon 4 x karena social networking saya masih error. Solusi akhirnya, saya harus bawa BB ke XL Experience Land yg kebetulan jauh dr tempat tinggal. BB saya harus dicek karena diduga ada yg bermasalah untuk program social networkingnya. Ya sudahlah, karena udah diservis begini saya pasrah aja.

Yang saya sayangkan, kenapa ya kalau menelepon CS itu mereka terkesan terburu2. Solusinya pun sepertinya sama dan mereka main aman dengan bilang 'sedang ada gangguan'. Apa mungkin terlalu banyak orang yg mengeluhkan hal yg sama hehe.. Semoga lain waktu, XL bisa meningkatkan kinerjanya ya terutama dalam koneksi server BIS. Jangan sampai orang ganti operator karena masalah yg sama berulang :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar